Home > Artikel Pria > Tips Mengatasi Ejakulasi Dini

Tips Mengatasi Ejakulasi Dini


ejakulasi-diniEjakulasi dini merupakan disfungsi seksual yang banyak dialami pria, selain disfungsi ereksi. Namun banyak pria yang mengalami ejakulasi dini tidak menyadari bahwa itu termasuk gangguan fungsi seksual. Pria biasanya hanya mengeluh saja tanpa dapat menyelesaikan masalahnya, padahal itu sudah merupakan gangguan seksual.

Berbeda dengan disfungsi ereksi, pria yang mengalami ejakulasi dini mampu mencapai ereksi dan melakukan hubungan seksual namun ejakulasinya berlangsung dengan cepat, bahkan pada ejakulasi dini yang berat, hubungan seksual tidak sempat berlangsung karena ejakulasi sudah terjadi sebelum penis masuk ke vagina.

Berdasarkan berat ringannya, ada berapa jenis ejakulasi dini, yaitu :

  1. Ejakulasi dini ringan, ejakulasi dini ringan berarti ejakulasi segera terjadi setelah hubungan seksual berlangsung dalam beberapa kali gesekan yang singkat.
  2. Ejakulasi dini sedang, ejakulasi dini sedang berarti ejakulasi langsung terjadi setelah penis masuk ke vagina.
  3. Ejakulasi dini berat, ejakulasi dini berat menunjukkan ejakulasi yang langsung terjadi begitu penis menyentuh kelamin wanita bagian luar. Bahkan sebagian kecil pria dengan ejakulasi dini berat sudah mengalami ejakulasi sebelum penisnya menyentuh kelamin wanita bagian luar.

Apapun jenis ejakulasi dini yang terjadi maka pria yang mengalaminya tentu akan merasa tidak puas karena ejakulasi terjadi dalam waktu yang sangat singkat dan di luar kehendak,  hubungan seksual akan berakhir dengan cepat dan pasangannya juga akan merasakan hal yang sama, yaitu merasa tidak terpuaskan. 

Beberapa Cara untuk Mengatasi Ejakulasi dini :

Sex therapy

Cara pertama ini yang dilakukan adalah untuk mengontrol ejakulasi dilakukan dengan bantuan istri. Pada dasarnya cara ini dilakukan melalui beberapa langkah, yaitu :

1.     Istri melakukan rangsangan terhadap penis suami yang menderita ejakulasi dini dengan posisi suami berbaring terlentang sampai suami merasa ingin orgasme.

2.  Pada saat suami merasa ingin orgasme dan ejakulasi, istri melakukan penekanan pada penis dengan menggunakan ibu jari, telunjuk dan jari tengah selama beberapa detik untuk menghambat terjadinya ejakulasi sampai terhenti.

3.  Istri melakukan rangsang lagi terhadap penis suami sampai terjadi ereksi yang cukup lalu segera memasukkannya ke dalam vagina dalam posisi istri di atas tanpa melakukan gerakan. Bila suami merasa akan ejakulasi, istri segera mengangkat tubuhnya dan melakukan penekanan pada penis seperti pada langkah kedua. Selanjutnya dilakukan rangsangan terhadap penis lagi sampai ereksi dan dilanjutkan dengan hubungan seksual seperti di atas.

4.   Dilakukan setelah beberapa hari melakukan latihan di atas, pada langkah ini suami diizinkan untuk melakukan tekanan dalam mempertahankan ereksinya selama melakukan hubungan seksual dengan posisi istri di atas.

5.   Dilakukan bila suami sudah lebih mampu mengontrol ejakulasi, pada langkah ini pasangan dapat melakukan hubungan seksual dengan posisi menyamping. Kalau dengan posisi ini suami mampu menahan ejakulasi, maka hubungan seksual dapat dilakukan dalam posisi suami di atas. Latihan tersebut diharapkan tetap dilakukan selama 6-12 bulan, lalu setelah itu dapat dilakukan kapan saja saat diperlukan. Tetapi cara ini tidak selalu mudah dilakukan karena beberapa alasan. Pertama, ketertutupan pihak pria terhadap istrinya. Kedua, tidak adanya komunikasi dan kerjasama suami istri dalam masalah seksual. Ketiga, perasaan enggan atau malas untuk melakukan latihan karena harus membuang waktu dan dianggap tidak praktis.

Latihan  Kegels atau Otot PC Clamps

Senam kegel pertama kali diperkenalkan tahun 1948 oleh Dr Kegel, sebenarnya dengan tujuan untuk memperbaiki ketidakmampuan menahan kencing wanita setelah melahirkan. Latihan ini memiliki hasil efektif untuk menguatkan otot pubococcygeus, membantu wanita memulihkan kondisi setelah melahirkan. Tapi hal yang sangat menarik, pasien wanita tersebut dilaporkan mendapatkan kepuasan seksual luar biasa yang belum pernah dialami sebelumnya setelah menjalani senam kegel.

Senam ini akan memperkuat otot pubococcygeus, otot seksual utama pendukung vagina, penis, uterus, rectum dan bagian tubuh lain yang terkait fungsi seksual seperti orgasme dan ejakulasi baik pada wanita maupun pria. Disamping itu, senam kegel juga membantu menyembuhkan impotensi dan kesulitan menahan kencing. Pada pria, latihan ini akan meningkatkan kemampuan mengontrol & mengatasi ejakulasi dini, ereksi lebih kuat dan meningkatkan kepuasan seksual saat orgasme.

Cara melakukan senam kegel

Pertama, anda perlu mengetahui dimana otot ini berada dan seperti apa rasanya sehingga bisa melatihnya. Otot pubococcygeus adalah otot yang sama seperti saat anda menahan kencing. Saat anda kencing, cobalah untuk menahan aliran kencing dan teruskan kembali. Otot untuk menghentikan dan meneruskan kembali aliran kencing itulah otot yang akan dilatih.

Setelah menemukan dan merasakan otot pubococcygeus, anda dapat mulai berlatih. Yang paling gampang dilakukan adalah lakukan kontraksi pada otot ini, tahan selama hitungan 10 detik, kemudian rilekskan. Jika anda tidak dapat menahan kontraksi dalam hitungan tersebut, jangan patah arang, untuk itulah mengapa perlu berlatih senam kegel. Secara bertahap, otot ini akan semakin kuat. Ulangi langkah ini 10 kali pada kesempatan pertama dan tingkatkan intensitasnya pada kesempatan berikut.

Selain cara diatas ada beberapa alternati tekhnik senam kegel yang biasa ditemukan dikelas-kelas sport club yang menambahkan tekhnik senam kegel dalam sesi latihan kebugaran mereka diantaranya yaitu :

Cara 1

  1. Kontraksi perlahan (hitung 1 detik )
  2. Tetap kontraksi ( detik ke 2 )
  3. Tetap kontraksi ( detik ke 3 )
  4. Tetap kontraksi ( detik ke 4 )
  5. Kontraksikan sekuat mungkin ( detik ke 5 )
  6. Rileks ( detik ke 6 ) sebelum mulai langkah pertama kembali

Cara 2

  1. Ulangi latihan pada no 1-5 seperti diatas
  2. Rileks 5 detik
  3. Kontraksikan dengan cepat dan keras
  4. Rileks (cepat)
  5. Kontraksi (cepat)
  6. Rileks (cepat)
  7. Kontraksi (cepat)
  8. Rileks beberapa detik dan mulai lagi pada nomor 1.

Cara 3

  1. Kontraksi perlahan 5 detik
  2. Kontraksi lebih keras 5 detik
  3. Kontraksi sekuat mungkin 5 detik
  4. Rileks 5 detik dan ulangi langkah 1

Anda dapat melakukan langkah tersebut selama kurang lebih 20 menit setiap hari.

Untuk hasil terbaik, senam kegel perlu dilakukan secara konstan setiap hari. Hasilnya tidak akan didapat dalam waktu sehari. Kebanyakan orang akan merasakan perubahan setelah 3 atau 4 minggu dengan berlatih beberapa menit setiap hari. Baik wanita maupun pria akan merasakan perubahan menakjubkan dengan kenikmatan saat senggama dan orgasme lebih intensif

Senam kegel selain sederhana dan mudah dilakukan, hanya membutuhkan beberapa menit dalam sehari. Bahkan orang lain tidak akan mengetahui saat anda berlatih kapanpun dan dimanapun. Di dalam mobil, antri ATM, saat berjalan, ketika menonton TV, saat berbaring, duduk, atau saat berjalan di escalator. Intinya, senam kegel bisa dilakukan dan dijadikan kebiasaan positif kapanpun juga. (yz)

Klinik Sehati

Baca juga:

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: